Fakta Uban yang Wajib Diketahui dan Cara Menutupinya

video placholder

Seiring dengan bertambahnya usia, uban akan muncul menggantikan warna rambut kita sebelumnya. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya rambut putih atau uban adalah warna asli rambut. Akar rambut memiliki warna putih atau abu-abu, baru kemudian pigmen melanin yang memberi rambut kita warna, seperti hitam, cokelat, kemerahan, atau pirang. Produksi melanin lama kelamaan mati karena bertambahnya usia, sehingga tumbuhlah rambut dengan warna aslinya yaitu putih atau abu-abu.

Tumbuhnya uban biasanya membuat sebagian orang tidak nyaman karena dinilai bisa mengganggu penampilan. Hal inilah yang membuat banyak orang mencari berbagai macam cara untuk menutupi uban. Sebelum menutupi uban, baiknya ketahui dulu hal-hal yang mempengaruhi tumbuhnya uban kemudian pahami cara yang baik dan benar untuk menutupinya, seperti berikut ini.

1.    Uban Dipengaruhi Oleh Ras
Tahukah kamu ras apa yang lebih cepat tumbuh uban? Ternyata ras Kaukasian atau orang bule berambut pirang lebih cepat beruban dibanding ras Asia dan Afrika, sedangkan yang paling lambat beruban adalah orang yang secara alami berambut merah. Selain itu, faktor genetik atau keturunan juga bisa mempercepat tumbuhnya uban. Bila salah satu atau kedua orang tua kamu lebih cepat beruban, maka kamu akan cenderung beruban di usia muda.

2.    Gaya Hidup Turut Mempengaruhi
Gaya hidup dan lingkungan turut mempengaruhi kecepatan tumbuhnya uban. Kebiasaan merokok sejak usia muda bisa mempercepat tumbuhnya uban. Bahkan perokok pasif pun bisa beruban lebih cepat karena terpapar polusi udara dari asap rokok. Stres, pola makan yang buruk, serta munculnya gejala penyakit juga bisa mempengaruhi tumbuhnya uban lebih cepat.

3.    Mencabut uban bisa membuat uban makin banyak?
Ungkapan tersebut sebenarnya hanya mitos dan tidak benar. Uban tumbuh dari satu folikel dan saat kamu mencabut satu uban, folikel lain tidak akan memutih dan tidak akan menghasilkan uban lebih banyak. Malahan kamu harus hati-hati karena mencabut uban hanya akan merusak folikel rambut yang bisa memicu kebotakan. 

4.    Dikeriting atau Bergelombang
Rambut yang dikeriting akan terlihat menyatu dalam sebuah gelombang. Dengan aksen rambut bergelombang, uban yang muncul lebih bisa disamarkan dibandingkan dengan rambut yang lurus rapi tanpa tekstur yang malah akan semakin memperlihatkan uban.

5.    Tutupi dengan Mewarnai Rambut
Salah satu cara terbaik untuk menutupi uban adalah dengan mewarnai rambut. Mewarnai rambut juga akan membuat tampilan kamu lebih segar dan stylish. Namun, sebaiknya hindari warna hitam untuk menutupi uban karena warna hitam malah akan membuat uban baru lebih kontras dengan warna hitam cat rambut. Rambut yang mulai beruban baiknya dicat dengan warna yang lebih terang dari warna rambut asli, seperti warna kecokelatan.

Untuk menutupi uban dengan sempurna, kamu bisa warnai rambut dengan NYU Hair Colour dengan pilihan warna : Natural Black atau Natural Brown. Dengan warna yang membuat rambut berkilau alami & menutup uban 100% , NYU Hair Colour akan membuat kamu makin percaya diri dan tetap fresh dengan rambut Indah. Serta tak perlu takut sering-sering menutup uban karena NYU mengandung Super Fruit Extract untuk melindungi rambut ketika proses pewarnaan & Vitamin oil untuk melindungi rambut setelah proses pewarnaan, jadi tak perlu takut rambut rusak & kering setelah pewarnaan.

Dapatkan PROMO Nyu Hair Colour di Bukalapak (Cash Back Rp 20.000) dan di Tokopedia (Free Ongkir Rp 20.000)